Rabu, 18 November 2020

Pengujian Impact Pada Logam

            Definisi Kekuatan Kejut

Kekuatan impact adalah kemampuan suatu bahan untuk menahan beban dinamis atau mendadak yang dapat menyebabkan  rusak atau patah. Pengujian impactmerupakan suatu pengujian yang mengukur ketahanan bahan terhadap beban kejut. Inilah yang  membedakan pengujian impact dengan pengujian tarik dan kekerasan dimana pembebanan dilakukan secara perlahan-lahan. Dasar pengujian impact ini adalah penyerapan energi potensial dari suatu pendulum beban yang berayun dari suatu ketinggian tertentu dan menumbuk benda uji sehingga benda uji mengalami deformasi.Pada pengujain impact ini banyaknya energi yang diserap oleh bahan untuk terjadinya perpatahan merupakan ukuran ketahanan impact atau ketangguhan bahan tersebut.

Macam – Macam Metode Pengujian Impact

1.    Pengujian Pukul Takik (Beam Impact Test)

Digunakan untuk mengetahui kemampuan suatu logam untuk menahan beban atau pukulan suatu logam.Suatu material dikatakan tangguh bila mampu menyerap energi lebih besar tanpa terjadinya retak atau terdeformasi dengan mudah. Secara umum benda uji impact dikelompokkan ke dalam dua cara yaitu cara uji charpy dan cara uji izod.

a.  Cara Pembebanan Charpy

Benda uji charpy memiliki luas penampang lintang bujur sangkar ( 10 mm x 10 mm) dan memiliki takik (notch) berbentuk V dengan sudut 45 derajat dengan jari – jari dasar 0,25 mm dan kedalaman 2 mm. Benda uji diletakkan pada tumpuan dalam posisi mendatar dan bagian yang tertakik diberi beban impact dari ayunan bandul.Cara ini banyak digunakan di Amerika.



Pada pengujian impact,energi yang diserap oleh benda uji biasanya dinyatakan dalam satuan Joule dan dibaca langsung pada skala (dial) penunjuk yang telah dikalibrasi yang terdapat pada mesin penguji. Harga impact (HI) suatu bahan yang diuji dengan metode charpy didapatkan dari rumus  HI = E/ A dimana E adalah energi yang diserap dalam satuan Joule dan A luas penampang di bawah takik satuan mm².

b.    Cara Pembebanan Izod

Benda uji Izod mempunyai penampang lintang bujur sangkar atas lingkaran dengan takik berbentuk  V yang dijepit di bagian ujungnya. Cara melakukan pengujian ini yaitu salah satu bagian benda uji dijepit tepat pada bibir takik dan posisi takik berhadapan dengan pendulum yang akan memberikan beban kejut. Pembebanan ini banyak digunakan terutama di Inggris.

Sumber : Kakani (2004 : 156)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Material Penyusun Komposit

     Komposit terdiri dari dua material penyusun yaitu serat dan matriks, dimana serat berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kekaakuan dar...