Selasa, 17 November 2020

Cacat Logam Dan Dislokasi

Cacat Titik

Cacat adalah kerusakan atau ketidaksempurnaan susunan atom   dalam   kristal   yang   terjadi   akibat   kekurangan   atau kelebihan atom, penyebab umum dari cacat titik adalah perangsangan atom oleh suhu. Macam-macam cacat antara lain :

1. Kekosongan

    Bila mana sebuah atom lepas dari posisi kisi normal disebabkan  oleh  gangguan  blok  selama     pertumbuhan kristal.

2. Sisipap

    Terjadi bila atom dalam kristal dititik pertengahan antara posisi kisi yang normal.


3. Subtitusi
     Pertukaran kedudukan susunan atom yang terjadi antara dua unsur atom berbeda yang memiliki             ukuran dan ikatan yang hampir sama

Cacat Garis (dislokasi)

merupakan   gabungan   dari   cacat   titik.  cacat garis  adalah ketidaksempurnaan  periodik  atom  dalam  kristal  yang  membentuk  satu  jalur  tertentu.  Dislokasi  pada kristal merupakan cacat yang menyebabkan gejala slip (luncur)  sebagai penyebab dari sebagaian besar logam yang  berubah bentuk secara plastis. Terdapat 3 dislokasi yaitu :

1.    Dislokasi sisi

Dapat digambarkan sebagai satu sisipan bidang atom tambahan dalam struktur Kristal di sekitar lokasi dislokasi terdapat daerah yang mengalami tekanan dan tegangan  sehingga terdapat energi tambahan di samping dislokasi tersebut disebut vector geser, vector ini tegak lurus pada garis dislokasi tersebut. 


2.      Dislokasi ulir

Menyerupai  spiral  dengan  garis  cacat  sepanjang sumbu   ulir. Vektor luncurnya   sejajar   dengan   garis dislokasi. Atom-atom di sekitar dislokasi ulir mengalami gaya  geser.  Oleh  karena  itu,  disana  terdapat  energi tambahan. Disloksai ini memudahkan   pertumbuhan kristal, karena atom dan sel tambahan dapat bertumpuk pada setiap anak tangga ulir.  


3.        Dislokasi campuran

Dislokasi ini terjadi ketika diberi gaya yang mengakibatkan dislokasi ulir maupun   dislokasi sisi. Keduanya menghasilkan deformasi akhir yang sama dan sebetulnya dihubungan satu sama lainnya oleh garis dislokasi yang  terjadi.

Cacat bidang

Terjadinya pergeseran kristal  relativ  terhadap  bagian  kristal lainnya, sepanjang bidang kristolografi tertentu. Bidang terjadinya slip disebut bidang slip (slip direction), umumnya bahwa slip lebih mudah terjadi pada daerah yang lebih padat 

Dan kemudian terdapat Twinning yaitu suatu fenomena adanya perubahan arah orientasi suatu bagian butir kristal sehingga susunan atom di bagian tersebut  akan   simetri   dengan   bagian   lain   yang   tidak   mengalami  perubahan. Bidang yang merupakan pusat simetri dan menjadi cermin  antara  kedua  bagian  ini  disebut  bidang  kembaran.


Sumber : 
Schaffer Saxena (1999)
Avner, Sidney (1974)
Smith, WF (1988) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Material Penyusun Komposit

     Komposit terdiri dari dua material penyusun yaitu serat dan matriks, dimana serat berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kekaakuan dar...