Senin, 09 November 2020

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kekerasan Baja

Kekerasan suatu material ditentukan oleh beberapa hal, diantaranya :               

        Kadar Karbon

Karbon sangat mempengaruhi kekerasan material karena Karbon berperan untuk pembentukan sementit (serta karbida lainnya), dan pembentukan fase-fase yang mana martensit adalah fase terkeras dari fase lainnya, dengan menaikkan kadar karbon maka kekerasan material juga akan meningkat.

        Unsur Paduan

Unsur paduan diperlukan untuk menyempurnakan sifat mekanik dari material, salah satunya kekerasan dari material, adapun beberapa unsur paduan yang berperan terhadap sifat mekanik material yaitu karbon (C), mangan (Mn), kromium (Cr), Silikon (Si), Nikel (Ni), Molybdenum (Mo), Vanadium (Va) dan banyak lainnya.

        Heat Treatment

Perlakuan-perlakuan pada Heat Treatment dapat merubah sifat mekanik dari material, seperti proses Annealing dapat mengurangi kekerasan namun meningkatkan keuletan dari logam, proses pendinginan cepat (quenching) juga berpengaruh terhadap butir yang terbentuk sehingga juga mempengaruhi kekerasan material.

        Ukuran dan dimensi butir

Semakin kecil dan halus ukuran dari butir yang terbentuk maka semakin tinggi pula tingkat kekerasan material, dan semakin besar dan kasar struktur butir dari material maka tingkat kekerasan material semakin berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Material Penyusun Komposit

     Komposit terdiri dari dua material penyusun yaitu serat dan matriks, dimana serat berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kekaakuan dar...