Minggu, 08 November 2020

Pergeseran Titik Eutectoid

Pada baja paduan atom karbon dan atom besi saling berkoordinasi dengan atom lain. Oleh karena itu kadar karbon Eutectoid dan suhu Eutectoid  berubah bila  ada elemen paduan lainnya. Pada diagram fase Fe-Fe3C dibuat tanpa unsur paduan. Jika terdapat unsur paduan, maka diagram akan mengalami pergeseran yang disebut pergeseran eutectoid.Perubahan  yang terjadi pada kadar karbon eutectoid dan suhu eutectoid  dapat dilihat  pada diagram  dibawah ini:

 


Pada gambar 1.14(A), komposisi-komposisi paduan mengubah batas titik transformasi eutectoid (727oC) seperti 3% Cr menaikan temperatur eutectoid menjadi 765oC. Sedangkan pada gambar 1.14(B) komposisi Mn pada paduan besi merubah konsentrasi %C  dari+ 0.67% menjadi +0,60%. Dari data diatas dapat diketahui karena faktor-faktor tersebut:

1.    Nikel dengan struktur FCC memiliki strutur austenite, mengakibatkan turunnya suhu eutectoid dengan cara menambahkan batas stabil FCC austenite. Manganese dengan strutur FCC maupun BCC juga menurunkan suhu eutectoid.

2.    Cr dan Mo yang berstruktur BCC membentuk ferrite dan meningatkan suhu eutectoid, menambahkan batas stabil  BCC ferrite.

3.    Molybdenum yang mengikat C jika memiliki  1% Mo mengurangi %C hingga 0.35% karena Mo akan menolak C.

Pergeseran dari diagram fasa dapat dihitung dari pergeseran titik eutectoid (perpotongan Ac dan Acm pada diagram fasa) dengan rumus:

 



Sumber : Material For Engineering (1982)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Material Penyusun Komposit

     Komposit terdiri dari dua material penyusun yaitu serat dan matriks, dimana serat berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kekaakuan dar...