Sabtu, 27 Februari 2016

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampukerasan Baja


1.        Kadar Karbon
Meliputi kandungan karbon dan unsur paduan. Semakin tinggi kandungan karbon maka semakin keras baja tersebut. Karena kandungan karbon sendiri berfungsi untuk menjalankan reaksi-reaksi kimia seperti substitusi (pergantian), adisi (penambahan), dan eliminasi (pengurangan). Begitu juga dengan unsur-unsur paduan baja, semakin banyak unsur kimia yang menyusun baja maka semakin keras baja tersebut.
2.      Ukuran Butir
Dengan bentuk butiran yang kecil maka menyebabkan tingkat kekerasa material lebih tinggi karena kerapatan butiran lebih tinggi sehingga ikatan antar butiran lebih kuat. Sedangkan bentuk butiran yang lebih besar akan menyebabkan tingkat kekerasan material lebih rendah karena kerapatan butiran lebih rendah sehingga ikatan antar butiran kurang kuat.
3.        Homogenitas Butiran
Suatu logam yang memiliki struktrur homogen akan memiliki sifat kemampukerasan/ Hardenability lebih rendah dibandingkan dengan yang memiliki struktur heterogen
4.      Dimensi Baja
Laju pendinginan pada benda yang besar lebih lambat dari benda kerja dengan ukuran kecil. Suatu baja yang dibuat dengan ukuran yang kecil dapat mencapai kekerasan yang lebih tinggi sampai bagian tengahnya. Jadi pada baja yang dimensinya lebih kecil memiliki kecepatan pendinginan lebih besar sehingga kemampukerasan akan lebih besar.
5.        Konduktivitas Termal Bahan
 Semakin tinggi kemampuan benda menghantarkan panas yang diterima akan menyebabkan laju pendinginan semakin cepat sehingga benda yang memiliki sifat konduktivitas termal yang tinggi lah yang dapat mempercepat laju pendinginan sehingga material semakin keras.
6.        Kecepatan Pendinginan
Setelah logam dipanaskan, lalu didinginkan secara cepat maka kekerasan logam tersebut akan semakin meningkat karena banyaknya martensit yang terbentuk pada material.
7.        Media Pendingin
Setiap media pendingin yang dipakai akan menghasilkan kekerasan yang berbeda juga. Semakin tinggi viskositas / kekentalan maka semakin lambat proses pendinginannya sehingga semakin berkurang sifat kemampukerasannya. Begitupun sebaliknya, semakin encer media pendinginan maka semakin cepat waktu pendinginannya. 
8.        Unsur Paduan
     Adanya unsur paduan akan mempengaruhi sifat kemampukerasan seperti chromium dan mangan yang dapat meningkatkan sifat kemampukerasan suatu bahan.
9.        Suhu Pemanasan

Suhu pemanasan berpengaruh karena saat material dipanaskan maka atom-atom penyusun matterial tersebut akan bergetar karena mendapatkan energi dari kenaikan temperatur, sehingga akan menyebabkan keuletan material tersebut meningkat karena terjadi perubahan ukuran dari butir akibat getaran atom.

3 komentar:

  1. Terima kasih, sangat membantu informasinya

    BalasHapus
  2. Sumbernya darimana ya? apa hasil penelitian sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari buku avner, coba cari ya kalau mau yang lebih lengkap

      Hapus

Material Penyusun Komposit

     Komposit terdiri dari dua material penyusun yaitu serat dan matriks, dimana serat berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kekaakuan dar...